Monday, January 7, 2019

AKSI SOSIAL DONOR DARAH INSPIRASI DARI KKN 69 UTM UNTUK NEGERI

Aksi Sosial Donor Darah Desa Karang Pao

Bangkalan – Aksi sosial yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Karang Pao kali ini berupa aksi donor darah. Kegiatan tersebut berlangsung atas kerja sama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) unit Bangkalan. Sukarelawan tidak hanya dibuka untuk warga desa Karang Pao saja, tetapi untuk siapa saja yang mau mendonorkan darahnya. Kegiatan berlangsung dari pagi pukul 09.00 WIB hingga selesai di rumah salah seorang warga, Ibu Suk.
Kegiatan aksi donor darah ini merupakan kali ketiga sejak tiga tahun terakhir. Meski  sukarelawan yang datang mendonorkan darah tidak mencapai angka seratus, yakni hanya 57 orang pendonor. Namun, kegiatan tersebut cukup memberikan inspirasi bagi warga lainnya untuk mulai ikut dan secara suka rela mendonorkan darahnya. Undangan pun dilayangkan untuk seluruh mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN di kecamatan Arosbaya yang total menempati tujuh desa. Hal tersebut untuk meningkatkan jumlah pendonor yang tidak pernah melewati angka enam puluh.

Donor Darah oleh Masyarakat Desa Karang Pao
Beberapa pendonor mengaku bahwa kegiatan donor selalu mejadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang. Seorang sukarelawan bernama Dewi Nur Aini (21) mengatakan “Meski bukan pertama kali, namun tetap saja pas diambil darahnya kita takut”. Manfaat donor darah yang belum diketahui oleh warga secara luas membuat mereka berpikir dua kali untuk mengikuti kegiatan yang mulia tersebut. “Untung aku lagi datang bulan, jadi tidak usah donor” tambah Dina, salah satu anggota KKN di Desa Karang Pao sendiri.
Paradigma masyarakat perlu diubah dengan upaya melanjutkan kegiatan serupa secara lebih intens dan teratur. Terbukti beberapa warga merelakan waktunya untuk tidak pergi ke sawah dahulu meskipun hanya beberapa saja. Baik dari pihak kepala desa, kepolisian setempat, bahkan Bapak Camat beserta jajarannya pun turut hadir. Tentu, antusias warga harus terus ditambah demi terselenggaranya kegiatan yang memiliki banyak manfaat ini (7/1/2019).

1 comment:

AKSI SOSIAL DONOR DARAH INSPIRASI DARI KKN 69 UTM UNTUK NEGERI

Aksi Sosial Donor Darah Desa Karang Pao Bangkalan – Aksi sosial yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Karang ...