Tuesday, August 1, 2017

DAPUR INOVASI CIPTAKAN 3 PRODUK MAKANAN BARU BARBAHAN DASAR SINGKONG

             Singkong atau dikenal dengan nama latin Manihut utilissima, merupakan tumbuhan penghasil karbohidrat. Singkong merupakan tanaman yang cukup popouler dimasyarakat Indonesia. Namun meskipun dikenal oleh masyarakat Indonesia, pengolahan singkong di Indonesia masih sangat minim. Di Indonesia sendiri singkong hanya dibuat keripik dan gorengan dan tape. Sehingga tidak jarang popularitas singkong semakin redup dikalangan masyarakat Indonesia.


            Desa Karang Pao adalah salah satu desa yang ada di kecamatan arosbaya, kabupaten bangkalan. desa Karang Pao, merupakan salah satu desa yang memiliki potensi singkong yang melimpah. Singkong disini merupakan komoditas terbesar selain kacang. Oleh karena itu, potensi singkong yang cukup besar coba dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK desa Karang Pao, untuk diolah menjadi produk unggulan desa.
Roti Gabeng Singkong
Bakso Goreng Daun Singkong
          
             Bekerjasama dengan mahasiswa KKN UTM 2017, ibu-ibu PKK Karang Pao membuat program pelatihan yang dinamakan dengan “Dapur Inovasi”. Program ini bertujuan untuk menciptakan resep-resep baru berbahan dasar tumbuhan singkong. Dilaksanakan selama 3 hari program Dapur Inovasi berhasil membuat tiga produk baru berbahan dasar singkong yaitu : Bakso Goreng Daun Singkong, Gaben Singkong dan Nugget Daun Singkong. Semua produk yang dibuat merupakan produk baru yang belum ada di pasaran, sehingga berpotensi menjadi produk unggulan yang menarik dipasaran.
Ibu Su selaku Koordinator PKK Karang Pao mengatakan bahwa “Produk Pengolahan ini akan dimanfaatkan oleh desa Karang Pao sebagai produk unggulan desa, nantinya produk ini akan sering dibuat untuk acara hajatan keluarga ataupun desa, juga kedepannya akan ditingkatkan nilai ekonomis nya sehingga siap untuk dipasarkan”. Selain itu ibu Su juga mengucapkan terimakasih ke mahasiswa KKN UTM karena telah membantu untuk mencari ide dalam pengolahan hasil singkong desa Karang Pao.
            Program Dapur Inovasi merupakan program mahasiswa KKN UTM yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Karang Pao, terutam ibu PKK. Karena hasil produk Dapur Inovasi diharapkan bisa menjadi produk yang bernilai jual dan menarik di pasaran, sehingga bisa menjadi alternative usaha ibu-ibu PKK Karang Pao.

 











No comments:

Post a Comment