Monday, August 8, 2016

Senam Sehat



Pagi ini (31/7) pukul 06.00 seperti biasa kami melakukan senam sehat, senam ini kami adakan setiap hari sabtu dan minggu. Banyak warga yang antusias dan semangat mengikuti senam sehat, seperti ibu-ibu PKK dan pemuda karang taruna.  Selain senam ini membuat badan kita sehat, di samping itu juga kita bisa membangun keakraban, dan mempererat tali kekeluargaan dengan warga. Terutama warga yang dekat dengan basecamp KKN 12. Pada setiap senam kelompok KKN 12 telah memilih dan memutuskan 2 instruktur senam, yaitu putri dan dina, mahasiswa psikologi dan PGSD. Dan dina adalah penanggung jawab dalam kegiatan senam ini. setiap  sabtu dan minggu kami selalu melakukan senam yang sama. Sebelum senam dimulai kami pasti melakukan pemanasan terlebih dahulu yang dipimpin oleh insruktur senam. Senam ini kami lakukan di halaman atau pekarangan basecamp kami. senam membuat kami dan warga menjadi senang, ditambah lagi dengan sound system yang membuat musik senam semakin keras dan mantap untuk didengarkan.
Semua warga tertawa dan bahagia melihat gerakan senam yang bagi mereka lucu, bukan hanya warga saja, bahkan beberapa mahasiswa KKN juga ikut tertawa dengan beberapa gerakan senam, semua warga dapat mengikuti gerakan senam dengan baik yang dipimpin dan dicontohkan oleh dua instruktur (putri dan dina). Warga sangat terlihat sekali menyukai senam ini, senam yang kami pilih ini adalah senam sehat bangsa. Dan yang memperkenalkan senam ini pada warga awalnya adalah dina, ketika senam sudah selesai pasti para warga meminta untuk diulang satu kali lagi, instruktur senam pun menuruti keinginan dan permintaan mereka..



Setelah itu pada sore harinya pukul 15.30 kami mengadakan penyuluhan pendidikan seksual, kami mengambil dan memilih pemateri dari dosen psikologi, yaitu Ibu Alifah Rahma Wati S.Psi M.Psi Psi. dan yang bertugas menjadi moderatornya adalah putri ariningtias mahasiswa psikologi salah satu anggota KKN 12. sasaran pada penyuluhan ini adalah anak-anak dan ibunya. Penyuluhan ini dilakukan demi melindungi anak-anak bangsa dari pelecehan dan kekerasan seksual. Dan untuk memberitahu ibu-ibu pentingnya pendidikan seksual, untuk menambah pengetahuan mereka mengenai bagaimana bahayanya pelecehan dan kekerasan seksual pada anak. Pada penyuluhan ini ibu-ibu diajari bagaimana pola asuh yang baik dan tepat untuk anak. Sehingga nantinya ibu-ibu langsung dapat menerapkan pola asuh tersebut di rumah.
Penyuluhan pendidikan seksual ini cukup ramai, banyak sekali ibu-ibu yang datang dan menyimak baik-baik apa yang disampaikan oleh pemateri. Sampai ruangan atau tempat penyuluhan tidak cukup menampung ibu-ibu dan anak-anaknya. Sehingga banyak yang harus duduk diluar. Penyuluhan ini dilakukan di musholla yang ada di basecamp kami. Dan penyuluhan ini selesai pukul 17.00.
penyuluhan kali ini menggunakan perlengkapan yang lengkap, kali ini menggunakan proyektor, tidak seperti penyuluhan yang sebelumnya. Dosen atau pemateri menyempaikan materi dengan duduk disamping moderator. Tidak lupa pula kami memberikan suguhan dan menjamu peserta penyuluhan seperti biasanya  acara penyuluhan berjlan lancer dan sukses. Hanya saja terganggu oleh satu kendala, yaitu listriknya mendadak mati, namun itu hanya sesaat saja, setelah itu listrik dapat nyala kembali.




            Setelah acara penyuluhan usai, tak lupa kami foto bersama dosen atau pemateri. Selanjutnya kami berbincang-bincang dengan dosen, beliau tidak langsung pulang, beliau masih mengajak kami ngobrol dan banyak bercerita. Karena kami dengan beliau keasyikan ngobrol kami semua sampai lupa waktu, tidak terasa waktu sudah menjelang petang. Akhirnya ibu dosen pamit pulang dengan diantar miftah yaitu salh satu anggota KKN 12. Begitulah keseruan pada hari minggu kali ini. Kami sangat menikmati aktivitas-aktivitas dalam KKN. Kami bersyukur dan senang, semua proker yang sudah kami jalankan berjalan denga baik semua. Alhamdulillah…… J

No comments:

Post a Comment